Biskuit Pai Genji: Enak Pake Kopi/Teh Pahit


[Snack-id]: Genji pie adalah kue kering khas Jepang yang terbuat dari puff pastry. Puff Pastry adalah sejenis adonan yang dibuat dengan mencampurkan mentega pastry atau korsvet ke dalam tepung adonan. Adonan lalu tersebut dibentuk menjadi lembaran, kemudian digulung dan dibuat menjadi lembaran lagi. Begitu dilakukan berulang-ulang.



Tapi lupakan rumitnya membuat puff pastry, karena makanan ringan khas negeri Matahari Terbit  itu bisa kita dapati di minimarket dan supermarket terdekat. Di pasaran kue berbentuk hati itu dijual dengan merek Genji pie, sama dengan sebutan di negara asalnya. Genji  diproduksi oleh pembuat biskuit dan makanan ringan yang terkenal dengan ikon penjaga Istana Buckingham, yaitu Monde. Monde adalah produsen biskuit bagian dari perusahaan pembuat biskuit yang tak asing lagi dan tak ada duanya, Khong Guan Biscuit, yang telah berproduksi sejak tahun 1971.

Sepintas biskuit pai Genji mempunyai penampakan yang mirip roti kering yang dipanggang, dan diberi taburan gula pasir. Tak  heran, karena keduanya terbuat dari bahan yang kurang lebih sama. Di atas lapisan kue taburan gula pasir mencair saat pemanggangan dan membentuk lapisan kecoklatan.

Dibungkus dengan kemasan yang glossy, dan tampilan sederhana yang mewah, produsen Genji memang menyasar konsumen menengah-atas untuk menjadi penyantap biskuitnya itu. Di dalam kemasan plastik, enam keping biskuit Genji dilindungi dengan kemasan plastik berbentuk hati, serta wrapping paper untuk menjaga keutuhan dan kerenyahan makanan ringan yang banyak mengandung mentega ini.

Biskuit pai Genji mempunyai aroma manis yang kuat berasal dari penambahan mentega dan susu. Hal ini yang menjadikan pai Genji, walaupun terlihat garing dan keras tetapi renyah dan bahkan tanpa kesulitan untuk mengunyahnya, sehingga tidak menimbulkan masalah buat balita atau orang lanjut usia yang mengkonsumsinya. Jangan heran, mentega yang digunakan untuk membuat kue ini sebanyak 35 % dari total penggunaan bahan.

Biskuit pai Genji. Enak diseruput dengan kopi atau teh kental tanpa gula 
Manis susu dan gurih mentega dikombinasikan dengan gula hasil panggangan yang mempunyai aroma khas karamel gula. Kombinasi yang membuat camilan ini tidak terlalu eneg jika dikonsumsi berlebih.

Namun, buat lidah orang Indonesia yang tidak terlalu suka manis dan susu, biskuit pai Genji ini memang bisa menjadi sedikit bermasalah. Tetapi jangan kuatir, karena kita bisa menetralkannya dengan menyeruput kopi atau teh kental tanpa gula.

Ada baiknya biskuit pai Genji ini tidak dikonsumsi sesaat sebelum makan, karena kandungan karbohidrat dari tepung dan gula akan membuat kita kenyang, sehingga dapat merusak jadwal makan. Nilai lebih dari biskuit ini adalah jumlah keping biskuit yang tidak terlalu banyak dalam setiap kemasan, sehingga tidak membuat kita terlalu kenyang.

Di pasaran, biskuit pai Genji relatif aman karena tidak adanya produk sejenis yang menjadi pesaing. Meskipun begitu, "memperkenalkan" rasa genji pai kepada lidah orang Indonesia bukanlah perkara mudah. Biskuit pai Genji yang kami cicipi saat ini adalah rasa original. Masih ada beberapa varian rasa pai Genji yang ditawarkan Monde, seperti rasa strawbery dan raisin. Akan kami ulas lain kali.

DISCLAIMER: Pernyataan yang bersifat ulasan dan testimoni adalah murni pengalaman pribadi, tidak untuk menggiring pembaca dalam menentukan atau mengurungkan niat saat memilih suatu produk yang akan dibeli. Pengalaman atas produk yang sama mungkin berbeda-beda bagi pembaca. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar